Wisata Watu Dodol Banyuwangi

Watu Dodol BanyuwangiWatu Dodol Banyuwangi

Selain ada wisata wedi ireng ternyata ada satulagi tempat wisata yang cukup unik di mana tempat wisata ini memiliki keunikan serta membuat orang yang datang ketempat ini menjadi heran. Menurut warga setempat konon watu dodol ini memiliki cerita yang sangat tidak masuk akal. Hal tersebut bermula dari seorang yang memiliki rencana untuk membuat jalan dari banyuwangi menuju panarukan. Akan tetapi orang tersebut memiliki kendala di jalur jalan tersebut dimana jalur tersebut ternyata ada sebuah bukit yang tidak bisa di pindahkan begitu saja karena konon bukit tersebut ada mahluk goibnya. Dengan rasa kebingungan tersebut akhirnya orang itu mengadakan sebuah syaembara dengan upah seluas tanah yang cukup luas dan pada akhirnya syaembara tersebut berjalan sampai waktu yang cukup panjang namun alhasil tersebut tidak pernah berhasil.

Kini  keputusasaan tumenggung terus membelenggu sampai suatu ketika ada seorang yang telah di angkat sebagai penasehat tumenggung wiraguno I dan penasehat tersebut tentunya memiliki ilmu yang cukup tinggi nama dari penasehat tersebut adalah kibuyut jaksa dimana orang ini merupakan satu – satunya penasehat tumenggung wiraguno I. pada saat itu pula penasehat tersebut mendapat sebuah mandate dari mahluk astral dimana mandate tersebut berbunyi bahwa tumenggung bisa melangsungkan proyeknya namun dengan sebuah sarat yang berbunyi tidak boleh mendodolbatu yang sudah di beri tanda oleh para bangsa jin yang berpenghuni di bukit tersebut, sisakan seonggok batu untuk duduk di pigir pantai, dan yang terahir kibuyut harus mengunjungi tepat tersebut minimal setahun sekali. Akhirnya tumenggung dan kibuyut menyetujuinya kemudian proyek berjalan dan pada tahun selajutnya jalur dari banyuwangi sampai panarukanpun selesai di buatnya dengan serta sisa batu yang masih berdiri tegak di tengah jalan.

Perlu kalian ketahui juga bahwa batu tersebut kini menjadi icon dari jalan tesebut bahkan sampai saat ini icon tersebut menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang di miliki oleh kota banyuwangi. Tidak jarang juga para turis yang melintas di jalan ini pasti menyempatkan waktunya untuk melakukan selfie – selfie atau hanya sekedar duduk sambil menikmati suasana jalan yang cukup rindang. Ketika kalian ingin melihat upacara ritual adat banyuwangi di jalan ini maka datanglah pada tanggal 10 syawal maka kalian akan melihat sebuah upacara adat yang di sebut upacara puter kayun pada saat itu pula kalian akan mengenal budaya banyuwangi khususnya di daerah watu dodol.

Related Posts

Add Comment