Wisata Waduk Cirata Purwakarta, Objek Wisata Memikat di Jawa Barat

Wisata Waduk Cirata PurwakartaWisata Waduk Cirata Purwakarta

Tempat wisata Waduk Cirata Purwakarta, merupakan salah satu rekomendasi objek wisata di Purwakarta berupa bendungan yang menahan aliran sungai Sitarum yang terletak di sebelah hulu waduk Jatiluhur yang membentang hingga melewati tiga kabupaten yaitu Kabupaten Purwakarta, Cianjur dan Bandung. Waduk yang dibangun pada tahun 1984 silam ini memiliki luas sekitar 43.000 hektar yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan kapasitas sekitar 1000 mega watt.

Objek wisata Waduk Cirata Purwakarta ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling ternama di kalangan wisatawan domestik, tak heran jikalau kini spot wisata Waduk Cirata Purwakarta dijadikan sebagai tempat wisata yang sayang sekali untuk dilewatkan jikalau berkunjung ke Purwakarta. Hal ini disebabkan karena selain dijadikan sebagai PLTA  spot wisata Waduk Cirata Purwakarta ini juga menawarkan panorama yang indah dan menawan, terlebih bagi yang ingin mencari ketenangan dari hiruk pikuk keramaian kota, destinasi wisata Waduk Cirata ini cocok sekali untuk Anda sambangi.

Selain indah dan dikelilingi oleh tebing perbukitan yang menghijau serta hamparan sawah yang luas, suasana di kawasan wisata Waduk Cirata Purwakarta ini cukup sepi dengan sesekali terdegar suara kapal yang membelah jernihnya air disini. Objek wisata yang selalu disesaki oleh para wisatawan pada akhir pekan maupun perayaan hari-hari besar ini tak mematok tarif masuk, namun Anda hanya dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat.

Sama seperti objek wisata lainnya, di kawasan wisata Waduk Cirata ini Anda juga dapat melalukan banyak aktivitas liburan seperti memancing ataupun menyewa kapal dari penduduk sekitar untuk membelah jernihnya air Waduk Cirata Purwakarta. Objek wisata yang terkenal memiliki banyak ikan besar ini juga kerap dijadikan sebagai spot untuk menikmati keindahan matahari tenggelam yang memancarkan cahaya kemerahan yang mengelilingi Waduk Cirata Purwakarta.

Ada banyak tempat untuk menikmati sunset salah satunya di deretan kedai makanan yang banyak berdiri di hulu waduk sembari menyantap makanan khas Purwakarta yang menggugah selera seperti nasi liwet, ikan bakar serta sate maranggi yang merupakan salah satu makanan khas dari kabupaten Purwakarta yang terbuat dari daging sapi dan daging kambing yang disuguhkan dengan kuah kecap yang kental dan hitam.

Nah, jika Anda berasal dari luar kota dan sedang mencari tempat penginapan, jangan khawatir akan kehabisan tempat penginapan, sebab di kawasan wisata Waduk Cirata Purwakarta ini sudah dibangun deretan hotel melati hingga hotel berbintang yang tampil dengan fasilitas mumpuni yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan budget yang Anda anggarkan.

Demikianlah informasi mengenai tempat wisata Waduk Cirata Purwakarta yang bisa kami suguhkan sebagai referensi tujuan plesiran diakhir pekan bersama orang-orang terkasih. Selamat berlibur dan semoga menyenangkan.

 

Related Posts

Add Comment