Keindahan Objek Wisata Curug Cipurut Purwakarta yang Mempesona

Keindahan Objek Wisata Curug Cipurut Purwakarta yang Mempesona РCurug Cipurut termasuk salah satu wisata alam yang sangat eksotis yang berdiri diatas tanah seluas 4 hektar dengan tiga titik spot air terjun yang menawarkan keunikannya masing-masing. Spot wisata Curug Cipurut Purwakarta ini merupakan surga yang tersembunyi dengan mata air alami yang berada di tengah gunung Burangrang tepatnya di kawasan cagar alam gunung Burangrang, kampung Cileungsung, Desa Sumurugil Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta yang berjarak 30 km dari pusat kota Purwakarta.

Menurut warga setempat yang mengelola objek wisata Curug Cipurut Purwakarta ini, asal muasal penamaan Curug Cipurut bermula dari adanya pohon jeruk purut yang berada di tengah-tengah air terjun Curug Cipurut, tetapi anehnya buah jeruk purut ini tak bisa dimakan dan digunakan, oleh sebab itu muncullah nama cipurut yang akrab dengan air terjun eksotis ini.

Di kawasan wisata Curug Cipurut Purwakarta Anda akan disuguhkan dengan indahnya dua spot air terjun yaitu air terjun utama yang memiliki ketinggian 25 hingga 30 meter dengan debit air yang cukup deras dan bermuara di satu titik membentuk anak sungai yang indah dan jernih, tak jarang banyak sekali wisatawan yang menjadikan air terjun utama ini sebagai tempat berswafoto sembari bersantai-santai ria bersama orang-orang terkasih.

Sedangkan di titik kedua air terjun Cipurut Purwakarta kerap dijadikan sebagai tempat berseluncur para wisatawan karena tempatnya yang landai dan sangat aman dijadikan sebagai tempat bermain air. Namun, tenang saja kedua titik spot air terjun ini menawarkan suasana yang sejuk dan asri, kealamian dari Curug Cipurut Purwakarta juga masih terasa sangat kental sebab belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan objek wisata Curug ini.

Sayangnya dari sekian banyaknya tawaran yang disuguhkan, Curug Cipurut Purwakarta ini tak didukung pula oleh akses jalan yang memadai, sebab untuk menuju kawasan wisata selain menempuh perjalanan darat Anda juga harus berjalan kaki melewati perkebunan teh selama 20 menit dengan medan yang curam dan terjal, sehingga Anda dituntut untuk terus berhati-hati saat melewatinya.

Oleh sebab itu warga setempat berharap pemerintah mendukung betul keberadaan Curug Cipurut Purwakarta ini sebagai objek wisata alam yang layak untuk dikunjungi dengan memperbaiki akses jalan tanpa harus merusak ekosistem, karena memang hingga saat ini objek wisata Curug Cipurut Purwakarta ini masih dikelola oleh masyarakat menggunakan dana hasil swadaya.

Nah, jika Anda berkenan mengunjungi spot wisata Curug Cipurut Purwakarta jangan lupa untuk menyediakan uang Rp. 5.000 untuk retribusi tiket masuk supaya lebih leluasa menikmati keindahan alam ini. Jangan lupa ajak keluarga atau pasangan untuk berlibur kesini. Sekian ulasan pada kesempatan kali ini dan semoga memberikan referensi liburan terbaik untuk kalian semua.

Related Posts

Add Comment